Bacalah “pertanda-pertanda” di hidupmu

“”Aku raja Salem,” kata orang tua itu tadi.

“Mengapa raja mau berbicara dengan anak gembala?” tanya si anak dengan takjub bercampur malu.

“Karena beberapa alasan. Tapi anggap saja yang paling penting karena kau telah berhasil menemukan takdirmu.”

Anak itu tidak mengerti, apa yang dimaksud dengan “takdir” seseorang.

“Takdir adalah apa yang selalu ingin kau capai. Semua orang, ketika masih muda, tahu takdir mereka.

“Pada titik kehidupan itu, segalanya jelas, segalanya mungkin. Mereka tidak takut bermimpi, mendambakan segala yang mereka inginkan terwujud dalam hidup mereka. tapi dengan berlalunya waktu, ada daya misterius yang mulai meyakinkan mereka bahwa mustahil mereka bisa mewujudkan takdir itu.”

Si anak sama sekali tidak memahami ucapan orang tua itu. Tapi dia ingin tahu, apa yang dimaksud dengan “daya misterius” itu. Putri sang saudagar pasti terkesan kalau dia menceritakan hal ini.

“daya ini adalah kekuatan yang kelihatannya negatif, tapi sebenarnya menunjukkan padamu cara mewujudkan takdirmu. Daya ini mempersiapkan rohmu dan kehendakmu-mu, sebab ada satu kebenaran mahabesar di planet ini : siapa pun dirimu, apa pun yang kau lakukan, kalau engkau sungguh-sungguh menginginkan sesuatu, itu karena hasrat tersebut bersumber dari jiwa jagat raya

“walaupun yang kau inginkan hanyalah berkelana? Atau menikah dengan putri saudagar kain?”

“Ya, atau bahkan encari harta karun. Jiwa dunia dihidupi oleh kebahagiaan orang-orang. Juga oleh ketidakbahagiaan, rasa iri, dan cemburu. Satu-satunya kewajiban sejati manusia adalah mewujudkan takdirnya. Semua satu adanya.”

“Dan saat engkau menginginkan sesuatu, seluruh jagat raya bersatu padu untuk membantumu meraihnya.”

***

Kemudian si orang tua mulai memeriksa domba-domba itu; dilihatnya salah seekor ternyata pincang. Si anak menjelaskan bahwa itu tidak penting, sebab domba ini justru yang paling cerdas di antara lain-lainnya, dan menghasilkan wol yang paling banyak.

“Di mana harta karun itu berada?” tanya si anak.

“Di mesir, di dekat Piramida-Piramida.”

Anak itu terperanjat. Perempuan Gipsi itu juga berkata demikian, tapi dia tidak memungutnya bayaran sepeser pun.

“Supaya menemukan harta karun itu, kau harus mengikuti pertanda-pertanda yang diberikan. Tuhan telah menyiapkan jalan yang mesti dilalui masing-masing orang. Kau tinggal membaca pertanda-pertanda yang ditinggalkan-Nya untukmu.”

Sebelum si anak sempat menjawab, seekor kupu-kupu terbang di antara dirinya dan orang tua itu. Dia pun teringat ucapan kakeknya : kupu-kupu merupakan pertanda bagus. Seperti jangkrik, dan ekspektasi-ekspektasi; seperti kadal dan daun semanggi berhelai empat.

“Benar sekali,” kata si orang tua, yang rupanya bisa membaca pikiran si anak. “Persis seperti diajarkan kakekmu. Semua ini pertanda bagus.”

***

Matahari juga mulai tenggelam. Anak lelaki itu memandangi pergeserannya selama beberapa saat, sampai matahari tersembunyi di balik rumah-rumah putih di sekeliling alun-alun. Dia teringat pagi tadi, ketika matahari terbit, dia masih berada di benua lain, masih menjadi anak gembala yang memiliki enam puluh ekor domba, dan hendak bertemu dengan seorang gadis. Pagi tadi dia sudah tahu segala sesuatu yang akan dialaminya sementara dia melintasi padang-padang yang sudah begitu dikenalnya. Tapi sekarang, saat matahari mulai terbenam, dia berada di negeri lain, menjadi asing di negeri asing pula, yang bahasanya tidak dia pahami. Dia bukan lagi anak gembala, dan dia tidak punya apa-apa, tidak juga punya uang untuk pulang dan memulai hidup baru.

Semua ini terjadi hanya dalam satu hari, pikir anak itu. Dia merasa iba pada dirinya sendiri, dan meratapi nasibnya, karena hidupnya berubah begitu mendadak dan secara drastis pula

(petikan kisah ini menceritakan setelah si anak gembala ini menyeberangi benua, ke benua afrika dimana orang tua tadi berkata bahwa harta karun itu berada di dekat piramida, dan kejadian ini juga setelah si anak gembala ditipu oleh orang orang baru yang dikenalnya dan habislah semua materinya namun hanya tersisa 2 batu, si urim dan tumim, pemberian dari sang raja)

***

Dirabanya batu itu perlahan-lahan, merasakan temperaturnya serta permukaannya. Batu-batu ini adalah hartanya. Merabanya saja sudah bisa menghibur hatinya. Batu-batu ini mengingatkannya pada orang tua itu.

“Kalau kau menginginkan sesuatu, seluruh jagat raya bersatu padu membantumu mendapatkannya,” kata orang tua itu.

“Batu-batu ini disebut urim dan tumim, dan mereka bisa membantumu membaca pertanda-pertanda.”

“Apakah aku akan menemukan harta karun itu?”Tanya si anak pada kedua batu ini.

Si anak merogoh kantongnya dan mencari-cari salah satu batu itu. Tapi sekonyong-konyong kedua batu itu terdorong ke lubang di dalam kantong, dan jatuh ke tanah. Selama ini si anak lelaki tidak memperhatikan bahwa kantong itu berlubang. Dia pun berlutut untuk mencari Urim dan Tumim, untuk dimasukkan kembali ke dalam kantong. Tapi saat melihat kedua batu itu di tanah, dia teringat pesan lain dari orang tua itu

“Belajarlah mengenali pertanda-pertanda, dan ikutilah petunjuk mereka.” Kata orang tua itu.

Pertanda. Si anak lelaki pun tersenyum.

***

Anak itu pergi ke kamarnya dan mengemasi barang-barangnya. Tiga kantong penuh. Ketika hendak berangkat, di sudut kamar dia melihat kantong gembala miliknya yang sudah tua. Kantong itu sudah digumpal-gumpal, dan sudah lama dia nyaris melupakannya. Ketika dia mengeluarkan jaketnya dari kantong itu, untuk diberikan pada orang di jalanan, dua butir batu jatuh ke lantai . Urim dan Tumim.

Si anak jadi teringat raja tua itu, dan dia terperanjat menyadari sudah lama sekali dia tidak ingat akan raja itu. Hampir setahun dia bekerja tanpa henti, yang ada dalam pikirannya hanyalah mengumpulkan uang supaya dia bisa pulang ke Spanyol degan penuh kebanggaan.

“Jangan pernah berhenti bermimpi,” raja tua itu pernah berkata. “Ikutilah pertanda-pertanda.”

(Petikan kisah ini terjadi ketika si anak gembala itu telah bekerja pada pedagang kristal selama setahun setelah kejadian pencurian diatas dan si anak gembala ini banyak memberikan keberuntungan-keberuntungan pada si pedagang dan bahkan bagi kota Tangier yang awalnya seperti kota mati, ya! Hanya berawal dari idenya yang menawarkan jasa ngebersihin kaca buat toko kristalnya buat dituker dengan sebuah makanan saja untuk si anak gembala yang kelaparan – karena habis kena curi -)

***

Petikan kisah-kisah diatas ini saya ambil dari novel “Sang Alkemis” Karya Paulo Coelho. Walaupun saya baru bacanya sampai halaman ke-86 dari 213, namun saya sudah banyak terinspirasi oleh buku fenomenal ini. Hebat buat bukumu, pak paulo!

Nah untuk tulisan blog kali ini, saya ingin ngasih tau nih ke kalian-kalian tentang bakal hebatnya hidupmu,jika kau bisa baca “pertanda-pertanda” dari setiap episode yang sudah Dia buat. Dan petikan kisah-kisah diatas adalah salah satu cerita bagaimana seorang anak gembala bernama Santiago dari benua Eropa, Spanyol yang ingin mencari harta karun yang katanya ada di Piramida, Mesir namun apa kekuatannya? Ya! Hanya mengadalkan domba, 2 buah batu, impian, dan “pertanda-pertanda” dari-Nya.

Apa itu pertanda-pertanda yang saya maksud ini?? Takdir? Bisa jadi! Sebuah clue untuk mencapai misimu? Bisa jadi!

Mungkin lebih gampangnya saya ilustrasikan lagi kedalam kehidupan nyata,nih…

Ada seorang lelaki yang sedang murung, gundah gulana, pokoknya sedang kacau lah pikirannya, lalu karena kekacauan pikirannya maka si lelaki tersebut jalan-jalan keliling kota bandung. Dan setelah pikirannya mulai tenang, tiba-tiba lelaki ini bertemu secara tidak sengaja dengan seorang gadis di persimpangan jalan. “Gadis itu,…..ya ya ya saya tahu gadis itu.,kenapa tiba-tiba dia yang muncul?“ katanya dalam hati. “apakah ini sebuah kebetulan belaka?” masih dalam hati (sambil ngendarain motor nih ceritanya). Dalam hati bertanya “Ya allah, kenapa engkau menghadirkan dia disaat pikiran saya sedang gundah gulana? Kenapa ya allah? Apakah ada sebuah pertanda dari engkau, yaa rabb? – eittss, udah dulu yaa kisahnya, keterusan ntar malah..

Nah itu sih lebih gampang mengilustrasikan apa itu “pertanda” yang saya maksud..

Pastinya kawan-kawan pernah kan dihadapkan dengan kejadian-kejadian yang kayak gini. Mungkin ada yang bilang “ah, itu mah kebetulan aja keleesss” – atau – “yaa eelaaa masih aja percaya takhayul”..hahhaa,,mungkin ini reaksi kawan-kawan pada umumnya..

Tapi percaya gak sih kalau semua ini tuh bukan kebetulan belaka,sob. Ingat semua kejadian yang ada di bumi ini sudah Allah Sang Maha Creator yang ngebuatnya seindah mungkin, yang mau itu rumit atau se-sederhana sekalipun,itu tuh Allah semua yang ciptain sob.

“Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan (apa yang Dia kehendaki), dan di sisi-Nya-lah terdapat Ummul-Kitab (Lauh mahfuz). (Ar Ra’d, 13: 39)

Jadi kalau menurut pandangan saya nih, setiap “pertanda” yang muncul di setiap episode hidupmu, pasti ada tangan Allah di dalemnya.percaya gak? Terserah ente mau percaya apa kagak. Saya mah percaya loh. Kan udah saya kasih tuh ayatnya J kalau main pendapat manusia oke lah boleh gak percaya, tapi kalau udah main ayat al-quran,,hhmm..

Nah kalau sekarang udah percaya si “pertanda” itu datengnya dari Allah, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara ngebaca-nya nih si itu “pertanda”??

Bingung? Sama saya juga bingung,,saya aja masih belajar alias nebak-nebak kok..

Kalau pengalaman si penulis sih biasanya pertanda itu muncul secara sekelibat sih atau biasanya saya ada 2 cara (ini kalau sekelibatnya gak muncul-muncul) ;

  1. Tenangkan pikiran dan hatimu, bersihkan pokoknya pikiran – pikiran yg jelek, terus pergi ke taman, lalu diem dan ngelamunin deh tuh (“ini ngelamunnya beneran mikirin buat nyari pertanda itu yah”)
  2. Bangun di sepertiga malem, wudhu, solat, dan nangis, nangis dah disitu..suer! yang ini ampuh loo, walaupun yg nulis juga masih juarang..hehehe

Mungkin itu sih 2 cara yg pernah penulis lakuin buat nyari si “pertanda” itu.

Jadi kalau kalian punya mimpi-mimpi nih, dan disaat perjalanan menuju mimpi itu pasti banyak kan kan “pertanda-pertanda” yang seperti orang tua itu bilang (kayak semisal ketemu siapa lah atau dikasih kejadian apa lah),tetap teruslah melangkah untuk mencapai takdirmu sampai benar-benar engkau finish maka kau bisa lihat ke belakang.

Ingat juga kata orang tua tadi “Dan saat engkau menginginkan sesuatu, seluruh jagat raya bersatu padu untuk membantumu meraihnya.”

Ingat! Jagat raya bersatu loo..saya pernah denger juga di pengajian, kalau kita memulai keluar rumah dengan berdoa, maka di setiap jalan tuh pohon-pohon,hewan-hewan,semuanya tuh ikut bertasbih loh buat kita..gak percaya?BUKTIKAN!

Yah. Untuk mengakhiri perjuangan tulisan saya ingin memberi wejangan dulu buat kalian-kalian..

“Sebuah pertanda itu tak bisa terlihat oleh kasat mata, namun bisa kau cari dan kau temukan dia. Jika kau telah menemukannya. Baca, baca, dan baca dia. Setelah itu kejarlah takdirmu dan secara tidak langsung seluruh jagat raya ini akan membantumu”

This blog supported by

re_buku_picture_87197(Sang Alkemis, Paulo Coelho)

-Salam Jilat-

Selamat malam

Advertisements

strategi personal branding “menghina diri sendiri” ala capres (Vers.Si Jilat)

timeline Facebook, twitter, instagram, atau medsosmu atau headline surat kabar bacaanmu, apapun itu insya allah pasti akhir-akhir bulan sudah dibanjiri oleh berita-berita yang saling menyerang kejelekan-kejelekan lawan presidennya. Dan pastinya dugaan kita kalau yang menghina si A, pasti itu kerjaan tim kampanye dari si B dan begitupun sebaliknya. Mungkin ini hal yang sangat lumrah terjadi dimanapun kalau “pesta” demokrasi dimulai,.

atau biasa kita sebut dengan “black campaign” alias kampanye hitam atau saling menjelekkan lawannya. ya inilah kampanye yg sedang sangat marak di indonesiaku kini. bahkan para elite-nya pun sampai turun bicara untuk menyatakan tolak kampanye hitam.

nih contohnya..

Kampanye-Hitam-4 10358255_762825773761479_828524443_a

ini adalah salah dua contoh bagaimana kampanye “menjelekkan” lawannya sering beredar di medsos kita..iya kan?

nah yang kita pikirkan pastinya ini semua pasti kerjaan lawan kan? tapi pernah gak sih kita terbersit aja untuk berfikir “jangan-jangan ini kerjaannya tim kampanye-nya sendiri”..hayo pernah gak?? saya sih pernah dan saat ini sdg mikirin, nah makanya saya langsung nulis artikel ini.

saya kepikiran tentang tulisan berawal dari teman facebook saya yang menulis status gini..

“Belum tentu yang bikin black campaign ke Jokowi itu dari pihak Prabowo,, begitu juga sebaliknya.” (Mas Bijak F. Putranto)

jeeess,setelah baca ini ada benarnya juga yah dan langsung dah saya kepikiran ilmu strategi branding ini..

mungkin yg sudah terkenal mah strategi personal branding untuk yang positif-positif buat dirinya sendiri, tapi sudah ada kah strategi personal branding tapi mem-branding personalnya yg isinya jelek-jelekin dirinya sendiri..Saya daritadi nyari di internet sih belum dapat nih istilah..

orang-orang pasti pada nanya kalau buat ngejelekin diri sendiri ngapain pakai strategi coba..gak usah pakai timses aja sekalian,,hahaha..ya! ini mah pandangan umumnya seperti itu, tapi saya pikir ngejelekin diri sendiri juga harus dipikirkan lo, harus pakai strategi loo..

kenapa saya bisa menduga strategi personal branding yang ini bisa jadi dilakukan oleh timses-nya sendiri?

kalau menurut pandangan saya adalah dikarenakan watak atau kriteria orang timur adalah gampang kasihan dengan orang lain. ya! sama sifatnya seperti saya yakni kasihan dengan orang yang terpojokkan, nah bisa jadi karena semisal si A merasa dihina terus,dipojokkan terus dan bagusnya lagi si A menanggapi dengan “aku rapopo”..wiiiss makin jadi deh strateginya berjalaaann muluusss!!

dan akhirnya orang-orang yang punya sifat mengasihani jadinya memilih si A (ingat! karena rasa kasihan)

bagaimana? bisa diterima kah analisa saya? 🙂

tenang-tenang ini analisa masih tanpa dasar apapun kok,,masih cuma dari lamunan si jilat aja..

ini bisa jadi iya bisa jadi tidak, hanya dia yang tahu..ya! dia..

oke! sekian dulu ulasan pendek saya tentang strategi personal branding “menghina diri-sendiri” ala capres

kalau temen-temen punya referensi tentang strategi personal branding yang kayak gini..boleh dong berbagi yah..

–selamat malam–

salam indonesiaku

Salam Jilat

gorengan “alumunium” vs gorengan “kayu”

Tahun ini memang dunia perpolitikan benar-benar menjadi panggungnya masyarakat indonesia. saling serang di timeline FB,twitter-mu,di headline koran-koran bacaanmu, baik itu white campaign maupun yang black campaign. sudah menjadi hal yang lumrah jika pesta demokrasi ini datang. Pokoknya segala lini media, mereka kerahkan tuk meraih simpati masyarakat indonesia, terutama yg masih bimbang hatinya tuk milih siapa. Sehingga di semua lini media yaa dominan isinya tentang si A vs si B.

Nah,dikarenakan sudah terlalu banyak berita-berita yang semacam itu lantas saya tidak mungkin menambah hiruk-pikuk-nya lagi lah. cukup lah orang-orang yang berkompeten saja ngomongin soal mereka 🙂

nah terus sekarang ini saya mau ngebahas tentang “gorengan” aja yah. gorengan? maksudnya apa? gorengan-gorengan pinggir jalan? iya! gorengan itu sob..hehehe..

kenapa mesti gorengan sih? ya! karena saya suka dengannya,,suka banget! maka dari itu tulisan ini saya khusus berikan untuk-nya, wahai gorenganku 🙂 dan inilah gorengan favoritku di kota kelahiranku,bontang..yaa! bastino punya

img_5661

jadi tulisan ini semoga bisa menjadi pendingin timeline-timelinemu yah yg isinya itu-itu aja (tentang si A vs si B)

langsung aja nyok!

pertama, saya ingin jelaskan apa itu gorengan..

gorengan adalah beberapa makanan yg digoreng,yaa iyalah..mungkin ini makanan cuma ada di indonesia kali yah, soalnya kalau di amerika atau inggris nih,masa’ iya mau ngasih namanya “fried-an”?? 😀 jadi bisa saya simpulkan, gak ada dulu yah di luar negeri,,kalau ada buru-buru kasih tau saya yah biar saya gak malu.. (Soalnya belum pernah ke luar negeri euy)

dan ini pun bisa jd bukti kalau gorengan gak ada di luar negeri

sIMG_0316

kalau semisal ada disana, seharusnya gak sampai harus difotoin gini kan??

lalu gorengan itu ada macem-macemnya dan di beberapa bagian kota indonesia dalam hal penamaan dibedakan namanya padahal isinya mah sama aja, sebagai contoh bala-bala (jawa barat), ote-ote (jatim,kalimantan timur/karna disini di dominasi dr jatim), bakwan (jakarta dan sekitarnya) padahal ini mah sama aja isinya loo.,ya ini loo salah satu keunikan gorengannya “indonesia”. Nah selain gorengan diatas,ada juga kayak tempe,tempe mendoan,tahu isi,pisang goreng, dll deh..dan keunikan yang lain dari gorengan adalah kalau untuk kawasan indonesia timur (kaltim,jatim,dll) sambalnya mereka gunakan yang bernama “petis”, lain halnya untuk indonesia barat mereka gunakan sambalnya dengan sebuah “cengek” alias cabe rawit. unik gak? ngerasa gak tentang keunikannya? gak ngerasa yah? yaa iyalah makannya gratis dan laper mulu jd gak mikir-mikir lagi sung tancep..hahahaha

nah tadi sudah saya kasih gambaran singkat tentang apa itu gorengan,,cukup laa segitu..skg saya mau cerita isinya aja yah..

dari judulnya mungkin kalian sudah bertanya-tanya yah, apa sih nih gak jelas banget..(kalau gak jelas kenapa masih demen baca sampe sini,,hayooo demen apa demen..hahaha)

ya! gorengan “alumunium” vs gorengan “kayu”

VS

 

gimana udah kebayang apa itu gorengan “alumunium” dan apa itu gorengan “kayu”?? udah yaa,walaupun dikit 🙂

oke saya jelaskan yah per point,,jd ada 3 point perbedaan nih :

1. dari posisi tempat

2. dari kebersihan

3. dan yang paling menentukan adalah yg pualing uenak (rasa dan kepuasan)

pertama, dari posisi tempatnya..

kalau gorengan “alumunium” sekarang-sekarang ini anda pasti sangat sering melihatnya di indomart atau alfamart..ya kan?kayaknya semakin menjamur aja gorengan “alumunium” disana..

nah kalau gorengan “kayu”, saya pikir kebanyakan mereka berada dimanapun anda berada,,maksudnya? gak peduli tempat itu dibolehkan atau tidak,sing penting deket sama konsumen..

kedua, dari kebersihan

nah kalau untuk masalah kebersihan, yg saya pantau selama ini untuk gorengan yg di indomart/alfamart..saya bisa menomorsatukan gorengan “alumunium”,mungkin mereka pikir konsumen-konsumen indomart/alfamart orangnya pada ngenomorsatukan kebersihan kali yah drpd rasa dan kepuasan.,

tapi kalau untuk gorengan “kayu”..coba lihat gambar ini

img-20120224-00621

gorengan cendana di bandung (berarti di jl.cendana)

10358738_10201992461273057_6895284450752223638_n

gorengan di jl.karawitan (bandung)

bagaimana? gak perlu dibuat kata-kata yah 🙂

dan lihatlah minyak-nya 🙂 tapi kalau saya nanya di kedua penjual ini, kata mereka “ini mas jimatnya :)” hehehe..

naahh yg terakhir saya mau buat kesimpulan deh..jeng..jeng..jeng

dari pandangan 1 dan 2 mungkin terlihat saya akan memilih gorengan “alumunium” yg akan saya pilih tuk saya rekomendasi tuk anda beli dan makan.no! no! tidaakk!

saya katakan pandangan nomer 3 lah yg menjadi penentunya yakni, rasa enak dan kepuasan.

siapa dia?? ya! gorengan “kayu” laahh yg saya sarankan untuk anda beli dan makan gorengannya..kenapa??

kalau anda survey kecil-kecilan nih ya..anda akan merasakan keenakan rasa gorengan dan kepuasaan akan ukuran dari gorengan sesungguhnya..ya cuma ada di gorengan “kayu” sob..jarang bahkan saya belum pernah mendapatkannya di gorengan “alumunium”..

mungkin nih yaa,,inget ini mungkin dari ukuran ditipisin yaa mungkin aja karena gorengan “alumunium” harus bayar biaya kontrakan yg “mahal” sama indomart/alfamart, terus gorengan “alumunium” nih yg ukurannya rada dikecilin yaa karena harus nge-ganti2 terus minyaknya kali yaa,,hehehe (ini mah masih dugaan penulis loo)

dan yang bikin enak gorengan “kayu” mungkin dari jimat yg tadi juga yah..minyak hitam ala gorengan “kayu”…asik!!

yah!! inilah sedikit sharing ilmu tentang gorengan yang saya alami..mungkin anda bilang ini tak berbobot banget isinya, tapi saya pikir ini isi akan berbobot buat yang sedang ngebutuhin nih informasi..siapa??ya! siapa aja,,siapa tau disana sedang ada yg lagi ngerjain thesis tentang perbandingan gorengan “alumunium” vs gorengan “kayu”..mungkin.

semoga terbantu yah yg disana 🙂

sekian sharing ngelanturnya, niat awalnya sih cuma ingin mendinginkan timeline-timeline kalian yg mungkin sedang dijajah oleh para pengacau kedamaian indonesiaku ini.

oya satu lagi mau ngasih rekomendasi gorengan-gorengan “kayu” yg enak untuk wilayah bandung :

1. Gorengan Cendana

alamat : jl. Cendana

saran : jangan beli pas sore hari ini, dijamin bakal ngantri

2. Gorengan di Jl. Karawitan

alamat : trotoar jl. karawitan dekat pizza hut dan pertigaan indomart

3. Gorengan di dekat Lapas Sukamiskin (Lapasnya ariel)

Alamat : (saya konfirmasi lagi)

4. kalau ada yang mau nambahin mangga…

itu dulu sih yang baru saya rasakan kenikmatannya..

–Salam Jilat–

untuk indonesiaku

Wassalamualaikum

kisah sepele dari “Shadaqallahul ‘Azhim”

akhir-akhir ini saya sedang senang dengan mencari tahu tentang kisah-kisah simple dari doa-doa yang menurut kita simple dan kebanyakan orang tak pernah menganggapnya sebagai sesuatu yang “wah”.

tulisan kemarin yang saya jabarkan adalah tentang doa mau tidur (https://penjilatbuku.wordpress.com/2014/05/21/selamat-datang-kematianku/) dan sekarang saya ingin jelaskan betapa keren dan hebatnya kisah simple dari “Shadaqallahul ‘Azhim”.

Hukum-Ucapan-Shadaqallahul-Azhim1

 

kenapa saya sebut dua kisah diatas sebagai sesuatu yang simple? padahal ini kan datangnya dari allah, tapi kenapa saya sebut simple? ya! karena menurut mayoritas umat islam indonesia bahwa kedua hal diatas saya rasa tak akan dianggap sebagai patokan bahwa dia muslim hebat atau tidak kan. Pastinya kebanyakan orang kalau melihat dia muslim hebat atau tidak, pertama yg ditanyakan adalah 1. udah hapal berapa juz? 2. udah hapal berapa hadist? 3. udah megang berapa kelompok liqo? 4. dst – – iya kan? nah ada gak nih semisal kita mau ngelamar seorang akhwat, terus bapak-nya si akhwat nih me-“nantang” ke kita coba hafal gak doa mau tidur? hehehe..ada gak yah mertua yg kayak gini? 🙂

nah ini dia alasan kenapa saya sebut ini hal yang sepele, tapi padahal ada makna yang sangat dalem loo jika kita mencari tahunya.

prolognya udah dulu yaa..(gak selesai2 ini nanti ceritanya)

suatu hari ada kelompok pengajian ibu-ibu dan bersama salah satu ustad kondang di bandung. Pengajian itu dimulai dengan bacaan al-quran merdu dari seorang Ustad dan diakhir bacaan, ustad ini melantunkan bacaan “Shadaqallahul ‘Azhim” dengan sangat pelan.

namun tiba-tiba nyeletuk dari salah satu jamaah dan berkata “Ustad, kok gak baca Shadaqallahul ‘Azhim, kan biasanya dimana-mana juga pada baca tad kalau udah selesai baca al-qur’an”.

Lalu ustad ini terdiam sejenak. dan kemudian menjawabnya “ibu, saya tadi menyebutnya namun tidak dengan mengeraskan suara. namun tidak diharamkan juga kok kalau tidak menyebutkannya karena ini bukan bagian dari surat. bagaimana sudah mengerti,bu?”

itulah salah satu penggalan kisah nyata dari cerita salah satu ustad kondang tsb.

kita tuh hebat banget loo kalau udah menyalahkan yang kayak-kayak diatas, cepat sekali reaksinya, langsung ditentang. nah tapi kalau semisal nih ditanya “ibu,besok siap anaknya kalau minta buat nikah..gimana?ibu siap buat ngijinin?”, pastinya kebanyakan ibu akan bilang “waduuhh,anak saya mah belum siap laa,mau ngasih makan apa anak orang?mau ngasih batu tad” (percakapan yang ini hanya ilustrasi yah,sob)

lihatlah dari percakapan yang barusan..kemana itu “Shadaqallahul ‘Azhim”-nya?hayo kemana? kalau yg bacaan yg tadi aja cepat sekali reaksinya, tapi kalau udah ditanya kayak diatas lupa deh sama “Shadaqallahul ‘Azhim”-nya

lah emang apa gituh “Shadaqallahul ‘Azhim” artinya?? nih artinya  telah benarlah Allah yang Maha Agung“.

jadi maksud saya tuh kenapa jika kita bentrokkan dengan kehidupan nyata, tiba-tiba kita tidak percaya lagi sama  “Shadaqallahul ‘Azhim”. Seperti yang kisah diatas tadi tentang menikahkan anaknya, disitu tergambarkan bahwa sang ibu sudah su’udzon kepada Sang Maha Pemilik Rezeki bahwa Allah tak bisa memberikan rezeki jika sudah menikah. padahal sudah jelas-jelas allah berfirman

“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang patut (menikah) dari hamba- hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. An Nuur [24]:32).

itulah yg saya bilang sering hilang “Shadaqallahul ‘Azhim”-nya jika kita sudah bentrokkan ke kehidupan nyata. Lupa. Dan parahnya lagi, kita menjadi su’udzon kepada Allah. Naudzubillah.

nah maka dari itu yuk mulai hari ini, kalau udah baca nih tulisan mari tanamkan ke dalam hatimu sedalam-dalamnya makna dari “Shadaqallahul ‘Azhim” dan aplikasikan kedalam kehidupan nyata-nya.

“jika kau sudah menanamkan sedalam-dalamnya makna “Shadaqallahul ‘Azhim” ke dalam hatimu, maka insya allah dalam setiap langkahmu hanya ada prasangka baik terus kepada Allah, tak akan ada secuil pun dalam hatimu terbersit prasangka buruk kepada Allah” – salam jilat –

selamat malam . selamat beristirahat . salam buat ayah ibumu disana . salam buat dia

selamat datang, kematianku

selamat datang wahai kematianku 🙂

tak terbayangkan padahal setiap hari kita selalu “bertarung” melawan kematian. ya! setiap hari . kapan?

ketika anda terbangun dari lelapnya istirahat di waktu kapanpun, maka disitulah barusan anda telah “memenangi” pertarungan dengan kematianmu.

setiap anda mulai berdoa untuk tidur, ya disitulah dimulainya pertarungan dan posisimu saat itu adalah 50 : 50 dengan kematianmu

dan dalam tiap doamu pun engkau selalu memasrahkan diri pada-Nya.

coba nih cek doanya.

-doa sebelum bobo-

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ

bismikallahumma ahya wa amutu

Artinya :
Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati

simple. tapi maknanya dalem banget yah. inilah menurutku salah satu kehebatan islam. doa-doa yang menurut kita sepele, tp ternyata didalemnya tersirat sebuah makna yg sangat dalem.

nah disitu jelas menggambarkan bahwa kau sedang berada di pertarungan sengit (50 : 50) antara kematian atau hidup kembali. maka dari itu sebetulnya saat kita mengucapkan doa ini dan mulai terlelap , nah disitulah kita sudah menyerahkan diri ini sepenuhnya kepada Sang Maha Pemilik tubuh ini dan bisa jadi disaat itulah kau akan mengucapkan “selamat datang,kematianku”. mau Dia menghidupkan kita kembali atau mematikan kita, ya itu terserah Dia.

dan coba lihat kembali doa ketika kamu sudah terbangun.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur

Artinya :
Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit

disitu terlihat jelas bahwa doa tersebut seperti halnya kita habis memenangkan sesuatu yg krusial,kan? apa itu sesuatu yg krusial-nya? ya itu tadi sebuah pertarungan sengit, ibaratnya tuh kalau kalau dalam sepakbola. saat pertandingan final piala dunia dan adu penalti, lalu kita sebagai penendang penentu antara memberikan kemenangan atau kekelahan. ya! seperti itulah posisi-nya.

dan akhir kata saya ingin memberikan sebuah petikan gitar..eh salah! maksudnya petikan kata..

“saat kau me-lafazkan doa sebelum tidur maka disitulah kau sudah akan menyerahkan sepenuhnya jiwa-raga ini untuk-Nya dan bisa jadi kau mengucapkan juga Selamat datang, Kematianku”

tapi bukan malah anda jadi parno yah buat tidur,,hehehe..dimanapun anda berada, saat lagi ngapain pun anda, Allah bisa dengan mudah buat manggil kita kok..

selamat beraktivitas kawan! berikanlah yg terbaik untuk hari ini,kawan – anggaplah hari ini adalah hari dimana kau terakhir bertemu kawan-kawan kantormu, terakhir kau mengucapkan “jangan lupa makan yah” kepada ayah dan ibumu, terakhir kau kecup dahi istri0 dan anak-anakmu..ya! anggaplah sekarang adalah hari terakhirmu sehingga kau bisa selalu totalitas dalam tiap peran yg kau jalani hari ini.

oya satu lagi, saya suka sekali kalau ngomong tentang kematian tuh mejeng foto ini..

images

mejeng dulu yaaa..

pagi 🙂

gerakan ala Allah swt!!

pernah gak sih kita nih udah buat rencana se-sempurna mungkin,se-hebat mungkin, pokoknya kita yakin nih project bakal ngubah hidup kita lah..eehh taunya beberapa jam kemudian project ini berubah 180 derajat dari yang kita harapkan..pokoknya rubah-serubah-rubahnya..dan semisal berubahnya nih karena menurut kita hal yang sangat sepele,misal hujan atau ada yang telat datang..

pernah gak nih? pernah kan?

terus..2 tahun kemudian, kita lagi ngerenung di pojokan taman dalam rumah nih..”waahh untung yah dulu tuh pas project 2 milliar, hujannya dateng..untung aje..kalau kagak dateng mungkin dah nasibku kagak kayak gini deh” – ini perbincangan dalam hati sih –

nah!

lihatlah kejadian yang diatas..kalau secara kasat hatimu nih,siapa yang menggerakkan itu semua??manusia kah? makhluk hidup yang hina kah? siapa?siapa?

ya! inilah yg saya sebut “GERAKAN ALA ALLAH!” tak terduga namun ‘NGENA..

kejadian-kejadian kayak gituh pasti dan mungkin sering kali yah ada di kehidupan kita dari kita lahir sampai sekarang nih (jangan-jangan ini juga gak nyangka kan tiba-tiba ada yang menggerakkan tanganmu buat ngeklik blog yg keren ini – kata si penulis-)

nah..kalau kejadian diatas kan kelihatannya “menurut kita” ending-nya menyenangkan kan? kata siapa? ente kan gak tau kelanjutan ceritanya di 2 tahun mendatang gimana,,hehehhe..

banyak juga di tempat lain yang “menurut kita” kok endingnya gini yah,gituh yah,,kok jd hancur gini yah acaranya..yaa pokoknya ngedumel mulu lah…bahkan sampai meninggal pun “kita = manusia” beranggapan kok ending-nya tetep aja gak berubah-berubah yaa..nah itulah sifat manusia keluar deh..hehehe

ingat!! emang hidup kita cuma sampai di liang lahat doang?? enggak kan?? ya udah! selesai kan pertanyaannya..insya allah, Allah tuh bakal ADIL kok! tenang aje..yang penting intinya mah berbuat lah yg baik-baik di tiap peran yg udah Allah kasih ke kamu-kamu nih (coba baca yg ini dulu deh http://wp.me/p3bKJH-sK )

nih kalau saya boleh ngutip hadist nan shahih..check it!

Hadits abu hurairah r.a. ia berkata rasulullah saw.bersabda: “Allah berfirman: ‘Aku berada pada sangkaan hamba-Ku, Aku selalu bersamanya jika ia mengingat-Ku, jika ia mengingat-Ku pada dirinya maka Aku mengingatnya pada diri-Ku, jika ia mengingat-Ku dalam suatu kaum, maka Aku mengingatnya dalam suatu kaum yang lebih baik darinya, dan jika ia mendekat kepada-Ku satu jengkalmaka Aku mendekat padanya satu hasta, jika ia mendekat pada-Ku satu hasta maka Aku mendekat padanya satu depa, jika ia datang kepada-Ku dengan berjalan kaki, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari.”[1]

tuh kan ape gue bilang!

gerakan ala Allah tuh ya sesuai prasangka hambanya aje..kalau ente selalu mikir-mikir yang positif tentang Allah, insya allah Allah pun akan ngasih yang baik-baik juga kok ke kamu..yakin gak hayo?

jadi udah lah kita sebagai manusia nih pokok’e husnudzon aja dah sama Allah..apa sih ruginya? gak dipungut bayaran kok sama allah,,iya apa iya?

dan untuk fenomena “gerakan ala Allah” yang lumayan booming dan keren bisa saya nobatkan kepada..jeng..jeng..jeng..

h211 asmirandah-001

ada apa dengan mereka?? cari tau sendiri aja kisah percintaan mereka di google..disitulah bagaimana “gerakan ala Allah” menurut saya berjalan..cmiww

nah kesimpulan yang ingin saya petik adalah

— Gerakan ala kepunyaan Allah tuh kagak terduga,sob. Tapi ingat gerakan-Nya tuh ‘ngena banget loh ke kita dan satu lagi bisa jadi gerakan itu tak kau rasakan sekarang,besok, atau lusa tapi bisa jadi “nanti” saat kematian itu datang padamu akan kau nikmati gerakan-Nya. Siapkan selalu jiwa dan ragamu dengan kejutan-kejutanNya —

Selamat menikmati gerakan-gerakan-Nya yang sangat indah jika kau telusuri lebih dalam 🙂

— Salam Jilat —

 

ini untukmu, sayang

kejadian malem itu kembali terjadi lagi pada engkau. Perasaan ketakutan itu kembali menghantui saya karena takut akan kehilangan manusia yang saya sayangi,cintai, dan kagumi. Pikiran akan kematiannya kembali menghantui pikiran ini. takut akan kehilangannya. takut akan kehilangannya. ya! takut akan kehilangannya, yaa allah..

salah kah hamba tiba-tiba muncul perasaan ini?saya rasa ini hal yg sangat lumrah kan,yaa allah..Engkau yg Sang Maha Pemilik Hati dari setiap ciptaan-Mu ini pasti tahulah bagaimana perasaan saya..Engkau pasti tahu itu yaa rabb.

atau…ini sebuah peringatan atau ada pertanda yang ingin Kau sampaikan kepada saya?

bentuk peringatan apa yang ingin Kau sampaikan kepada saya yaa allah dengan ngasih kejadian ini terulang kembali kepada dia??

suruhan pengabdian kepada dia kah? suruhan sayangi kepada dia kah? atau suruhan mencintai-nya sekarang ini karna engkau “akan” lebih mencintai-nya sebentar lagi??

ah..

saya belum kuat tuk tiba disaat episode itu yaa rabb..bener! kaki ini masih belum kuat ada di episode itu,yaa rabb..

semenjak kejadian itu terulang lagi semalem, mendadak semua kembali ke episode-episode yang dulu pernah kita lalui bareng-bareng..

saya laki-laki bu,,mungkin memang saya tipe orang yang jarang dan bahkan tidak pernah cerita unek-unek hati ini..tapi perasaan sayang ini selalu ada didalam relung hatiku yang terdalam..yakinlah itu.

namun saat saya kuliah, saya benar-benar merasakan kehangatanmu, kasih sayangmu dan ketika sekarang-sekarang ini entah kenapa saya jd lumayan sering curhat kepadamu,bu..

pertanda sesuatu kah ini?? tidak seperti dulu dimana saya pendam saja dalam hati kalau sedang ada masalah, namun entah kenapa akhir-akhir ini, saya mulai memberanikan diri tuk selalu curhat kepadamu bu dan akhirnya saya menemukan tempat pundak terbaik itu dimana cerita-cerita saya limpahkan, selain kepadaMu, yaa rabb..

inikah cara-Mu mengingatkan kepada hambamu bahwa kamu punya orang hebat disekitarmu? bukan yang lain!

setiap kejadian ini terulang dan selesai, dia selalu mengatakan dalam telponnya “maapin ibu yah,anak-anakku”..

kenapa engkau bilang ini,bu? ibu! gak salah apa-apa, kenapa ibu minta maap..anakmu ini yang banyak salah bu..kenapa baru sekarang-sekarang ini tau bahwa disekitarnya tuh ada tempat pundak terbaik,tapi anak-anaknya malah mencari pundak-pundak yang lain..

sebelum episode yang saya takutkan itu tiba,,ijinkan saya membahagiakanmu yah,bu sekecil apapun itu walaupun mungkin engkau tak membaca tulisan saya, tapi saya yakin Allah yang Maha super Hebat pasti akan menyampaikan isi hatiku ini entah bagaimana caranya..

dan tulisan inilah secuil rasa sayangku untukmu,bu..

“sebelum kau kehilangan pundaknya, maka berikan senyuman untuk dia secuil apapun itu bahwa pundak yang itu tak akan mengharapkan apa-apa darimu cuma engkau bisa bahagia aja.cukup.sederhana keinginannya” – Salam Jilat –

–sehat ibu disana ya,makan yang sehat-sehat, dan jangan terlalu kecapekan–nanti angga kasih cucu yang soleh/solehah buat selalu ngedoain apa’ sama ibu ya–

25141_1259753693898_4278154_n 25141_1260137303488_6130517_n 172778_1578851111134_132124_o

 

jangan pernah risaukan peranmu di dunia ini :)

banyak yang beranggapan kalau kamu mau terkenal, yaa jadilah ente orang paling depan barisannya. kalau di grup band berarti ente harus jadi vocalis-nya, kayak

artis-artis-muda-ganteng-yang-pernah-dan-masih-dibui-2

 ariel peterpan

AriLasso

ariel lasso,

ariel untung,,eehh bukan ini mah,,hhehe

atau kalau jadi pemain bola,yaa kalau mau terkenal dan banyak disorot kamera jadilah striker..coba mahal mana gajinya messi sama casillas??

nah disini saya mau ngasih tau nih ke kamu-kamu bahwa gak harus jadi yg “terdepan” kok kalau mau terkenal dan memiliki dampak yg luar biasa buat sekitarmu..

kalau di pentas drama nih, kamu jadi pohon dan ketutupan pohon yg lain lagi pun sebenarnya kalau dipikir lebih dalam ternyata sangat berpengaruh loo dalam alur ceritanya..coba nih pas drama-nya lagi di hutan dan disitu cuma ada satu pohon doang pasti kan penonton kagak bisa ngebayangin kalau nih kejadian sdg ada di hutan belantara dan bakal hancur tuh drama.aneh.

mau profesi apalagi? penulis? wiihh apalagi nih profesi walaupun adanya di belakang layar banget,tp duampak yg akan dirasakan bisa sangat luar biasa loo awalaupun hanya lewat sebuah pemikirannya aja.

walaupun kamu jadi apapun,sebenarnya kamu tuh sudah memiliki perannya masing-masing. intinya mah sudut pandang kita aja ngeliat peran kita tuh sebesar apa. jadi sebenarnya tak perlu lah kita berkecil hati kalau dapat peran yg menurut “kita sendiri” kagak ada pengaruhnya.

Malah ada yg lebih miris lagi, mereka baru dikenal dan dirasakan pemikirannya/perannya setelah beliau meninggal dong..nih orang-orangnya :

1. http://ivan-penuhwarna.blogspot.com/2010/10/8-orang-orang-yang-terkenal-setelah.html

2. http://portalunique.blogspot.com/2011/05/10-ilmuwan-islam-paling-berjasa-dalam.html

gimana?hayo mau yang mana? makanya bersyukur lah setiap peran yg sudah allah berikan ke kamu tiap detiknya. insya allah kalau itu allah yang ngasih pasti peran itu yg terbaik kok buat kamu.yakinlah.

di kitab yg mega best seller pun,ternyata ada juga loo kutipan tentang peran manusia di bumi.nih.

 “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”.” (QS Al Baqarah : 30)

khalifah? ya! pemimpin..kamu-kamu semua nih sama Allah disuruh jd pemimpin. pemimpin apaan? mana punya uang saya buat jd nyalonin presiden untuk nyaingin kepopuleran mas jkw45 :D..eeiittss bukan itu coy!

pemimpin tuh tak selamanya presiden, hal yang paling kecil pun kamu udh jadi pemimpin tuk dirimu sendiri, jadi walaupun kamu “ngerasa” peranmu sangat kecil di hadapan-Nya, tp insya allah, Allah tak akan melihat peranmu di dunia ini sebesar apa tapi yang dilihat Allah mah bisa gak kamu ngelewatin tuh ujian pada setiap peran yg udah Allah kasih ke kamu. kalau ente bisa lolos? itu bagus! jd nilai plus plus plus dihadapanNya.

oke akhir cerita saya akan berikan kesimpulan berupa kalimat nakal ala #penjilatbuku

“tak perlu risau-lah apapun tuh peranmu di dunia ini, yg Allah lihat cuma bisa gak ente ngelewatin tuh amanah di setiap peran yg udah Allah percayain ke kamu di tiap detiknya”

wassalamualaikum..

selamat pagi! selamat beraktivitas! semoga tiap peranmu hari ini akan membawamu ke jannah-Nya.amin 😀

-salam jilat-

Fight your feeling, not your body

Assalamualaikum..

alhamdulillah kenapa ngedadak saya menjadi lancar menulis nih..sehari langsung 2 tulisan euy..kayaknya kondisi hati yang ngebuat nih tulisan jadi laju 😀

kali ini saya lagi seneng sama kata-kata ini  “Fight your feeling, not your body” karna habis baca bukunya mas yoris sebastian “101 creative notes”, nah didalamnya tuh pas banget langsung ketemu sama salah satu bab dan parahnya lagi pas juga sama kejadian aslinya coy..hehehe..

nih penampakan bukunya

101-CREATIVE-NOTES

emang apa sih isinya?

jadi mas yoris di bab sini tuh mau ngasih tau ke kamu-kamu semua bahwa kalau tiap sedang mengerjakan suatu kerjaan tuh lawan tuh yang namanya “perasaan” (kalau ente mau dikatakan profesional), tapi jangan lawan kesehatanmu. pokoknya jangan mau kalah sama perasaan yang sedang kau hadapi saat ini.

kan biasanya banyak tuh anak-anak muda jaman sekarang suka ngeluh “ah,males ngerjain ini lg gak mood euy habis diputusin cowok gue nih” – “aduh males banget nih ngerjain tulisan ini, tapi deadline. tapi males banget”..yaaa inilah respon saat kau tak bisa melawan feeling-mu.

kalau kamu sudah ngebaca bukunya mas yoris yang 101 creative notes dan bab yg ini. ada sepenggal cerita yg sungguh sangat emosional banget..beliau tetap mengerjakan pekerjaannya walaupun disaat itu mas yoris sedang dirundung duka, yakni nenek-nya meninggal namun mas yoris bisa melawan feeling-nya, namun jelas ini benar-benar harus dijadikan habit dulu maka kamu akan mudah melakukannya.

kalau kita mah baru juga diputusin cowoknya aja udah lemeesss,looyooo..cups itu mah namanya 😀

susah? ya memang,jelas. tapi mulailah dengan sekali maka kau kedepannya akan mudah melakukan yang berkali-kalinya.

nah tapi disini point kedua yang ingin diungkap oleh mas yoris, kalau rasa ngantukmu sudah mulai melanda relung matamu, maka jangan kau lawan..tidurlah dan pasang alarm tuk bangun lebih pagi, maka ngerjain pun insya allah akan lebih fresh,lebih keluar daya imajinasinya, lebih keluar ide kreatifnya..

tapi sebenarnya saya lebih ingin menonjolkan yang point pertama itu. yang point kedua ini mah tambahan dari mas yoris aja.

gimana?sudah ngeh kan?

jadi intinya dari semua ini “janganlah kau tak berani merajut mimpi-mimpimu hanya karena kau kalah oleh perasaanmu”..kalau skenario kita kalah (maksudnya gak sesuai keinginan) dari Sang Maha pembuat skenario sih menurutku sih it’s fine, gak masalah itu mah, tapi nyesek banget gak sih kalau ternyata rajutan mimpi-mimpi kita kalah cuma gara-gara soal perasaan doang coy..gak enak banget tuh di dengernya..hehehe 🙂

sekarang sudah siap ngejalani hari esok yang bakal spektakuler?? yang udah gak ada lagi sama yg namanya kalah dengan perasaanmu yang kadang2 semangat kadang2 galau,gimana? SIAP?? siaapp laaaa..

oke. sekarang waktunya istirahat yah ingat point kedua dari mas yoris “jangan lawan badanmu,yg padahal sudah harusnya istirahat”

selamat malam

sampaikan salam ini tuk seluruh ayah dan ibu di belahan dunia manapun..muach :*

wassalamualaikum,.

simpanlah sejarahmu,kawan

Assalamualaikum..

yipeee! akhirnya saya kan kembali tuk mencoret-coretmu lagi ding..tulisan kali saya terinpirasi dari seseorang di satu geng jaman SMA baheula, namanya mas adhy setiyanto..dia suka dipanggil “pak bos”,kenapa? yaa karena dia suka mentraktir geng kita dan kita pun sangat senang, apalagi saya..hahaha..itu sifat kebanyakan orang tau tentang dia, namun ada kehebatan beliau yang tak kebanyakan orang merasakan cuma tau doang hanya beberapa orang saja yang menikmati kehebatan dia ini.. apa itu??

ya! dia suka mengingatkan kepada satu geng nih akan pentingnya sejarah. beliau sangat suka sekali akan namanya sejarah..waahh pokoknya kalau udah ulangan sumatif tentang sejarah. saya paling nyerah dah. dan jurus jaman SMA adalah mendekati beliau (apanya? yaa tempat duduknya),hehehe..saya dulu masih merasakan kata-kata beliau (merujuk : “indonesia hebat sekarang kayak gini nih, yaa karena sejarahnya”) hanya sebatas untuk ulangan/ujian doang, namun sekarang semua beda! kata-kata itu sudah merasuk kedalam relung hati dan saya mulai mengerti akan pentingnya sebuah sejarah dalam setiap relung hatimu.THANKS SOB!

kalau saya boleh kutip pada kitab yang terbaik sepanjang masa, yakni al-qur’an. ternyata ada lo kutipan ayat yang ngasih tau ke kita bahwa pentingnya sejarah tuh sudah ada dr jaman baheula..

nih ayatnya..monggo dibuka Q.S. Yusuf : 111..nih artinya

Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka (para Nabi dan umat mereka) itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal (sehat). al-Qur’an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, serta sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman [Yusuf/12:111]”

nah tuh baca yang saya bold..

yang jadi masalah? kenapa saya baru ngerasain pentingnya sejarah tuh sekarang ya?? tanya kenapa? kemane aja lu dari dulu,sob? kalau baca ayat itu ngerasain gak sih kalau kita lagi disentil..”kalau kamu bisa dapetin pelajaran dari kisah-kisah nabi dulu,maka kamu tuh orang berakal (sehat)”, nah jadi kalau ente kagak bisa dapetin pelajaran,berarti apa hayo? 😀

banyak orang yang suka bilang “ah sudahlah masa lalu saya” – “jangan bawa-bawa masa lalu laa”..menurut saya, mereka-mereka nih belum menikmati dan mengaplikasikan akan pentingnya sejarah..

ada salah satu ustad ternama bilang “sedang dirundung banyak masalah ya? coba deh kemarin-kemarin habis ngelakuin dosa apa aja? kalau udah tau,tobat gih!”

dan banyak lagi kata-kata pepatah yang lain macam ” apa yang kau tuai hari ini, adalah yang kau tanam kemarin”..pernah denger kan?

nah jadi dari semua yang saya tangkap diatas, bahwa sejarahlah yang membuat bisa berdiri tegak hari ini. indonesia bisa terbentang sebegini luasnya karena pejuang-pejuang kita yang telah mengukir sejarahnya..islam bisa sebegini hebatnya dan kuatnya, ya! tidak lain karena sejarah perjuangan para nabi. Trapesium yang kata orang sudah lumayan besar, yaa jelas karena perjuangan dan mimpi dari ketiga bocah-bocah didalamnya.

lihatlah dulu yang saya kagak kepikiran bakal punya outlet sebesar ini ;

10264503_10201727951780485_7537754578260391247_n

kagak kepikiran punya mesin besar kayak gini ;

10173534_10201770873053490_9008058796500096758_n

ya! itu semua karena sejarah yang sudah dirangkai sama tiga bocah..

lihatlah awalnya tuh kayak gini

1978552_10201727952900513_3486923232234602492_o

dulu awalnya, perlengkapan ATK masih suepi sangat, komputer masih minjem, printer masih pinjem, toko kagak full colour,dikibulin karyawan nah yang kami punya cuma MIMPI dan pepatah-pepatah semangat yang sering bertebaran di timeline FB-mu (sekarang)

udah dulu ah, sepenggal cerita di pagi yang indah ini..semoga tidak mendung ya, semendung hatiku..hahahha 😀

oya lupa ngasih wejangan.nih sepenggal kalimat yang ingin saya sampaikan ialah “rangkailah cerita sejarahmu, simpanlah baik-baik, dan kelak kau kan menikmati ini semua bersama istri,anak,dan cucumu”

INGAT! akan ada episode-episode yang tak akan sesuai dengan skenario rangkaianmu, tapi tetap ingatlah kata “nikmatilah”.

wassalamualaikum