simpanlah sejarahmu,kawan

Assalamualaikum..

yipeee! akhirnya saya kan kembali tuk mencoret-coretmu lagi ding..tulisan kali saya terinpirasi dari seseorang di satu geng jaman SMA baheula, namanya mas adhy setiyanto..dia suka dipanggil “pak bos”,kenapa? yaa karena dia suka mentraktir geng kita dan kita pun sangat senang, apalagi saya..hahaha..itu sifat kebanyakan orang tau tentang dia, namun ada kehebatan beliau yang tak kebanyakan orang merasakan cuma tau doang hanya beberapa orang saja yang menikmati kehebatan dia ini.. apa itu??

ya! dia suka mengingatkan kepada satu geng nih akan pentingnya sejarah. beliau sangat suka sekali akan namanya sejarah..waahh pokoknya kalau udah ulangan sumatif tentang sejarah. saya paling nyerah dah. dan jurus jaman SMA adalah mendekati beliau (apanya? yaa tempat duduknya),hehehe..saya dulu masih merasakan kata-kata beliau (merujuk : “indonesia hebat sekarang kayak gini nih, yaa karena sejarahnya”) hanya sebatas untuk ulangan/ujian doang, namun sekarang semua beda! kata-kata itu sudah merasuk kedalam relung hati dan saya mulai mengerti akan pentingnya sebuah sejarah dalam setiap relung hatimu.THANKS SOB!

kalau saya boleh kutip pada kitab yang terbaik sepanjang masa, yakni al-qur’an. ternyata ada lo kutipan ayat yang ngasih tau ke kita bahwa pentingnya sejarah tuh sudah ada dr jaman baheula..

nih ayatnya..monggo dibuka Q.S. Yusuf : 111..nih artinya

Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka (para Nabi dan umat mereka) itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal (sehat). al-Qur’an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, serta sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman [Yusuf/12:111]”

nah tuh baca yang saya bold..

yang jadi masalah? kenapa saya baru ngerasain pentingnya sejarah tuh sekarang ya?? tanya kenapa? kemane aja lu dari dulu,sob? kalau baca ayat itu ngerasain gak sih kalau kita lagi disentil..”kalau kamu bisa dapetin pelajaran dari kisah-kisah nabi dulu,maka kamu tuh orang berakal (sehat)”, nah jadi kalau ente kagak bisa dapetin pelajaran,berarti apa hayo? 😀

banyak orang yang suka bilang “ah sudahlah masa lalu saya” – “jangan bawa-bawa masa lalu laa”..menurut saya, mereka-mereka nih belum menikmati dan mengaplikasikan akan pentingnya sejarah..

ada salah satu ustad ternama bilang “sedang dirundung banyak masalah ya? coba deh kemarin-kemarin habis ngelakuin dosa apa aja? kalau udah tau,tobat gih!”

dan banyak lagi kata-kata pepatah yang lain macam ” apa yang kau tuai hari ini, adalah yang kau tanam kemarin”..pernah denger kan?

nah jadi dari semua yang saya tangkap diatas, bahwa sejarahlah yang membuat bisa berdiri tegak hari ini. indonesia bisa terbentang sebegini luasnya karena pejuang-pejuang kita yang telah mengukir sejarahnya..islam bisa sebegini hebatnya dan kuatnya, ya! tidak lain karena sejarah perjuangan para nabi. Trapesium yang kata orang sudah lumayan besar, yaa jelas karena perjuangan dan mimpi dari ketiga bocah-bocah didalamnya.

lihatlah dulu yang saya kagak kepikiran bakal punya outlet sebesar ini ;

10264503_10201727951780485_7537754578260391247_n

kagak kepikiran punya mesin besar kayak gini ;

10173534_10201770873053490_9008058796500096758_n

ya! itu semua karena sejarah yang sudah dirangkai sama tiga bocah..

lihatlah awalnya tuh kayak gini

1978552_10201727952900513_3486923232234602492_o

dulu awalnya, perlengkapan ATK masih suepi sangat, komputer masih minjem, printer masih pinjem, toko kagak full colour,dikibulin karyawan nah yang kami punya cuma MIMPI dan pepatah-pepatah semangat yang sering bertebaran di timeline FB-mu (sekarang)

udah dulu ah, sepenggal cerita di pagi yang indah ini..semoga tidak mendung ya, semendung hatiku..hahahha 😀

oya lupa ngasih wejangan.nih sepenggal kalimat yang ingin saya sampaikan ialah “rangkailah cerita sejarahmu, simpanlah baik-baik, dan kelak kau kan menikmati ini semua bersama istri,anak,dan cucumu”

INGAT! akan ada episode-episode yang tak akan sesuai dengan skenario rangkaianmu, tapi tetap ingatlah kata “nikmatilah”.

wassalamualaikum

Leave a comment