intuisi ala sopir angkot

221482_620

 

 

 

 

 

 

eittss.. bukan!!..ini bukan sopir angkot..ini papah emil (walikota bandung sekarang)..yeah! the real man- (jadi the real man itu bukan yg 3 pedals yah,hahaha)

kali ini saya ingin bercerita kisah kehebatan sopir angkot manapun dan dimanapun, yakni tentang intuisi-nya.

apa itu intuisi?

kalau saya mengambil kutipan papah arifin panigoro dalam bukunya “Berbisnis itu (tidak) mudah”, beliau mengatakan bahwa intuisi : campuran hati dan akal sehat.

apa maksudnya?

nah saya ingin mencontohkan lewat cerita aja ya (apa itu intuisi?)

***

di suatu ruangan sedang terlibat pembicaraan untuk membahas sebuah mega proyek sumber daya alam. perbincangan ini intinya adalah menentukan untuk diambil atau tidak proyek tersebut. pak arifin dan team saat itu dituntut harus untuk melakukan perhitungan secara cepat dan tepat. “tidak mungkin dong saat itu harus ngitung dulu pakai calculator atau nganalisis apapun..hehehe” selorohnya. jadi apa yang saya punya saat itu? pengalaman. ya! pengalaman lah  yang membuat saya yakin untuk mengambil proyek tersebut. dan hasil proyek itu berhasil dan sangat memuaskan. pengalaman inilah yang membentuk sebuah intuisi.

***

lantas apa hanya perhitungan yang rumit saja yang akan membentuk intuisi-mu menjadi bola yang dahsyat? bukan. bukan. tidak hanya analisis dan perhitungan yang hebat saja yang akan membentuk intuisi-mu menjadi dahsyat.

namun, beribu-ribu menit, jam, dan bahkan tahun lah akan membentuk intuisi-mu menjadi sangat dahsyat!

sehingga jika engkau kolaborasikan antara perhitungan dan analisismu yang hebat itu dengan pengalamanmu yang sudah makan asam,manis,asin,pahit,asinnya garam maka insya allah akan terbentuklah intuisi itu (namun tetap ada Tangan yang sudah menggoreskan, jd jangan sombong ya)

lah terus apa hubungannya sama sopir angkot?

kamu pernah naik angkot gak? kalau pernah dan jika kau amati pak sopir yang sedang mengendarai angkot *bukan kuda yah* 😀

pernah gak sih kamu lihat pak sopirnya ini tiba-tiba berhenti aja di depan gang karena sedang menunggu orang yang sedang jalan menuju keluar gang *posisi calon penumpang ini padahal jauh banget lo sama si sopir*

terus tiba-tiba penumpang ini naik aja, gak ada komunikasi apapun antara si sopir dan calon penumpang tersebut *pake hati kali yah* | *soalnya biasanya kan si sopir suka nanya dulu “mau naik,neng? -sopir genit-“*

dan hebatnya lagi si sopir nih pas juga menurunkan posisi keinginan dari calon penumpang *lagi-lagi tanpa komunikasi*

oke! mungkin ada beberapa peluang :

1. okelah mungkin itu calon penumpang sodaranya si sopir angkot kali yah, jadi udah tau 😀

2. okelah mungkin itu langganannya sopir angkot kali yah.

3. okelah mungkin itu mantan-nya/HTS-nya si sopir yah *soalnya naik dan turun tanpa komunikasi* — HTS : hubungan tanpa status

nah! tapi ini saya menemukannya tidak sekali dua kali lo dan tidak di satu kota yang sama pula (bandung dan sukabumi). maka dengan pernyataan barusan, saya spontan saja langsung menarik kesimpulan “INTUISI ALA SOPIR ANGKOT !!”

engkau pak sopir! saya pikir telah membentuk intuisinya, yang mungkin di sebagian banyak sopir angkot tak pernah menyadarinya bahwa dia sudah memiliki intuisi sebagai sopir angkot handal.

bagaimana? apa kalian juga pernah menemukan sopir angkot seperti ini?

maka kata-kata mutiara di sore ramadhan yang indah ini, saya ingin ngasih wejangan dulu lah..

“intuisi : adalah es campur yang isinya perpaduan antara komunikasi hati, analasis/perhitungan hebat, dan berjuta-juta jam terbang untuk menjadikan satu jawaban yang rasanya kadang manis, asin, asam, bahkan pahit”

selamat menjelang berbuka buat kamu yang disana.

weekend!

dan salam jilat.

inspired by Sopir Angkot and Buku “Berbisnis itu (tidak) mudah” – Arifin Panigoro

 

Advertisements

wudhu.

wudhu-300x240

apa yang langsung terpikirkan olehmu setelah membaca judul diatas?

pertama, syarat sah-nya solat

kedua, kalau gak ngelakuin ini, solat kita tertolak mentah

ketiga, urutan basuh-membasuh dari telapak tangan sampai basuhin kaki

empat, udah habis kak..apalagi yah? 🙂

sudah-sudah..bukan itu semua jawaban yg tepatnya kok..itu tepat, tapi ada yg lebih dalem lagi maknanya,dek..

apa itu kak?

ada deh.

**selesai**

nah! mungkin kalau kalian ditanya apa itu wudhu mungkin jawabannya bakal sama kali yah..

saya pun juga begitu kok pasti jawabnya..nah! yg jadi masalah tuh kenapa sih solat kita gak pernah khusyuk yah..kenapa sih solat kita gak pernah tenang, pengennya tuh cepet aja solatnya

atau nih, saya juga pernah ngalamin bahkan bisa dikatakan sering yakni lupanya jumlah rakaat..hayo pernah kan? oke laaa sekali, dua kali..it’s fine! ini masalahnya udah habis jari kita kalau disuruh buat ngitungin kejadian kayak gini..

hahahahaa..

iya gak sih? *real story banget nget nih*

pernah gak sih nemu orang yg bilang gini nih..

“yaa ampun..ini pengajian masih aja ngebahas thaharah mulu yah..hei! mas mas,negara kita udah dikepung asing nih, masih aja ngebahas kayak beginian”

*saya sih pernah nemu orang-orang kayak ginih*

saya bener2 nyesek banget pas denger nih orang bilang kayak gini..oke! wudhu memang hal yg sepele menurut pandangan “manusia”, tapi apa allah ngeluarin nih perintah yg sepele-sepele yg kagak bakal ada gunanya,enggak kan? na’udzubillah..

Wudhu, yang nabi SAW ilustrasikan bahwa apabila di depan rumah seseorang terdapat sungai, kemudian dia mandi di sungai itu 5 (lima) kali sehari, maka dipastikan orang tersebut  bersih dari kotoran yang menempel di tubuhnya.

Demikian gambaran orang yang terus menerus berwudhu.Terkadang hal yang dianggap sepele justru menyimpan sebuah manfaat yang besar. Begitu pula dengan berwudhu, banyak orang menganggap wudhu itu hal yang biasa saja. Namun perlu diketahui jika setetes air wudhu memiliki sejuta manfaat bagi tubuh kita.

lalu ini cerita nyata aja dr pengalaman penulis.

gara-gara masalah yg diatas tadi, saya lantas berpikir terus-menerus apa yang salah nih saat solat dan setelah solat saya, kok ya kayaknya habis solat tuh lempeng aja sih..(read : hati kosong)

ada artikel yg pernah saya baca, dan menganjurkan coba ubah gaya wudhu (maksudnya bukan jd salto ya wudhunya), jadi inti artikel disitu menjelaskan cobalah tenang saat wudhumu.

dan saya pun mencobanya..

akhirnya. benar saja artikel itu. setelah solat, bukan lempeng yg saya dapat tapi adem.

ingat! intinya adalah ketenangan. dan saat tahap per tahap, kita sambil mikir dosa-dosa apa aja yg udah dibuat sama tangan, mata, rambut (pikiran), kuping, hidung, mulut, kaki.

insya allah deh 🙂

kalau mau lebih tau detail esensi wudhu apa aja. nih artikel yg bagus : http://www.al-fudhola.com/index.php?option=com_content&view=article&id=50:wudhu&catid=27:cat-aksara-w&Itemid=30

gimana? sekarang udah paham kan?

oya ini salah satu faktor yg membuat ketidaktenangan anda, saat dan setelah solat yah..bukan satu-satunya faktor.

akhir kata.

“proses mendapatkan kenikmatan solat bukan hanya diawali dari takbiratul ihram saja, namun ada perjalanan kenikmatan sebelumnya yg harus kau lalui..satu kata dr penulis tenang-lah, kawan”

–salam jilat–

selamat pagi!

*terapkan-lah tiap esensi wudhu-mu, ke dalam setiap langkahmu*

kebetulan itu hidup

kebetulan itu hidup.

apa maksudnya? tapi jangan dibalik yah bacanya (read : hidup itu kebetulan) bakal beda artinya.

pernah gak sih kalian denger dari seliweran omongan-omongan diluar sana,kayak gini nih.

ada cerita nih,fakta lo..

di sebuah SMA indonesia, ada salah satu laki-laki yang ngakunya tuh nakal,bandel,gak bisa diurus, pokoknya nilainya katanya selalu mengenaskan lah. eits! tiba-tiba saat pengumuman UAN tiba. sekolahnya dibuatnya gempar oleh tingkahnya! sama kenakalannya? sama nilainya? iya! sama nilainya..

kenapa nilainya? nilainya jelek? “yaelah kalau itu mah udah biasa kali”,seloroh salah satu temennya. “bukan nilainya yg jelek, tapi karna nilai matematikanya sempurrrnaaa bro, 100!”, saut teman satunya…”beeuuuhhh” (terdiam berdua di pojok SMA)

dan katanya ada salah satu gurunya yang tidak mempercayainya dan saya yakin tidak hanya ibu guru yang satu itu saja yang tidak percaya, namun kebanyakan orang di sekolahnya akan berkata “ah, kebetulan aja tuh….”

sumber inspiratif : http://fidelisyugita.blogspot.com/

yes! kebetulan…

saya sedang senang mengulik-ngulik tentang apa itu kebetulan. apa ada yg namanya kebetulan?

saya katakan mulai saat ini “Kebetulan itu hidup”

ya, dia hidup.,ya, dia ada disekitar kita..

kalau saya ngambil sedikit dari pikirannya pak coelho, jadi gini kalimatnya..

“jika kebetulan itu mulai hidup, itu adalah pertanda bahwa seluruh jagat raya sekitarmu-lah yang menghidupinya”. kelas!

lalu siapa yang menghidupi jagat raya itu? ya! ikhtiarmu sendiri,

cuma ikhtiarmu yang bisa menghidupkan si jagat raya itu.

maka kalau kita lihat petikan cerita yang diatas dan menguliknya lebih dalem ternyata ada proses-proses yang mas fidelis sudah ngelakuin buat meng-aktifkan kebetulan-nya menjadi hidup.

apa itu?

1. beliau bekerja keras dengan guru favoritnya, bu ros (bukan kak ros -upin ipin- ya)

2. pasti ada panjatan doa yang dia ungkapankan. pasti!

3. jagat raya mulai proses dan hidup

4. kebetulan itu akhirnya hidup daaannn..nilai 100! pun dateng kepada orang yang dikehendakinya.

ya gak? simple gak sih bagaimana kita menghidupi si-kebetulan itu? simple kalau kata saya sih. cuma masalahnya hanya mau dan percaya gak sih kita sama yang namanya kebetulan.

oke? sekarang sudah percaya sama yg namanya kebetulan? belum? baca lagi ulang dari atas yah, sampe ente percaya..hahaha..kalau udah..

kita akhiri disini yah ceritanya.

sebelumnya..

thank’s my inspiration

10368860_722408377817277_4030336619952340026_o

 

 

 

 

 

(mas fidelis, orang yg saya ceritain diatas)

walaupun belum pernah kenal dan bertemu, tapi ceritamu adalah inspirasiku. thank’s mas!

sekian

–salam jilat–

selamat selasa!

“Taman C-inta”

Mungkin kalian udah pada tahu kan sama berbagai program hebat-nya mas ridwan kamil (Walikota Bandung Periode sekarang). Lalu ada salah satu program beliau yang saya acungi juempol 4 buah, kalau bisa lebih saya kasih dah..apa itu?

taman. iya taman.

sudah ada beberapa taman yang diresmikan oleh bapak yang satu ini,,apa aja itu?

1.  Taman Pasupati dengan nama tematik “Taman Jomblo”

2. Taman Centrum dengan nama tematik “Taman Musik”

3. Taman Cilaki dengan nama tematik “Taman Puspa”

4. Nah taman yang satu ini ada tulisan huruf “C”-nya.. apa itu? oke! saya stop di taman yang satu ini.

kenapa berhenti di taman ini?

YA! karena saya benar-benar sudah jatuh cinta sama nih taman saat padangan pertamaku. jatuh cinta. kau tau bagaimana rasanya orang jatuh cinta?? yes! mabuk kepayang.

saya telah dibuat mabuk kepayang akan keindahan nih taman gak cuma luarnya doang, tapi seisi-isinya.

Saat pertama kali datang kesini, saya kurang paham apa dibalik penamaan huruf “C”, namun setelah nyalain wifi tiba-tiba muncul id dengan nama “cempaka”, apakah ini namanya? dugaan saya sih iya (setelah selidik lebih dalem di google, ternyata ini nama jalannya toh dan bapakjuga menyebutnya dengan nama lain taman fotografi)

kalau pun benar ini nama tamannya, saya agak kurang setuju pak. kenapa?

karena saya belum mendapatkan makna “cempaka” atau tentang “fotografi” di dalam nih taman,,kalau pun ada pajangan foto-foto, saya masih kurang suka / sreg dengan namanya pak..hehehee (maap yah pak)

namun saya punya sebutan baru buat ini taman,pak..apa itu?

saya lebih suka menyebutnya dengan “Taman C-inta”

kenapa mesti cinta?

Apa karena si penulisnya sedang jatuh cinta?

no! no! bukan! bukan itu!

Kalau kamu udah ngerasain duduk dan diam sejenak di taman ini, kamu akan dapet nih gimana cintanya ini taman sama makhluk-makhluk yang ada di dalemnya..gak percaya?

lihat nih foto-fotonya…

1601021_10202020252807828_280307224754604840_n

10177367_10202020292888830_4490247850232564476_n

10296946_10202020280888530_5883460711633375568_n

10303943_10202020297648949_8002015275036014945_n

10329146_10202020263728101_5374476163675453720_n
10361378_10202020275208388_389349995395768977_n

10420321_10202020266768177_4636581315337276475_n

10438147_10202020260368017_3668413268161055992_n

Cinta ibu sama anaknya. Cinta-nya sebuah keluarga. Cinta kepada kekasihnya. Cinta kakek kepada cucu-cucunya. Cinta kepada kawan-kawannya. Cinta-nya pohon kepada orang-orang yang ada di bawahnya.

dan bahkan…

Cinta baby sitter kepada anak asuhnya pun terekam di taman ini lo..hehhe (terus kemana ibunya??)

nah! karena itu semua-lah pantas saya sebut ini adalah “Taman C-inta”

Terlepas dari beberapa kekurangannya, saya tetap bangga pak sama idemu ini,pak. kenapa? karena engkau telah mengumpulkan beberapa arti cinta dalam satu wadah, yakni sebuah taman. thank’s a lot,papa!

Saya pun pernah terlintas berpikir..

Untung saja yah allah menitipkan ide taman-taman ini kepadamu,pak. Coba bagaimana kalau allah “salah” menitipkan ide ini sama orang-orang yang tidak bertanggung jawab. ngerik!

oke! untuk kawan-kawan yang ingin menikmati udara sejuk kota Bandung, Nyamannya kota bandung, Tenangnya Kota Bandung, Pohonnya kota Bandung, dan tentu saja berbagai bentuk cinta-nya urang bandung. Ada disini.

Saya sangat merekomendasikan kamu-kamu semua buat dateng ke taman yang satu ini. nikmat dan nagih.

Saya rasa misi pak kamil yakni ingin meningkatkan “indeks of happiness”-nya orang bandung bisa terwujud loo. dan saya adalah korbanmu,pak..terima kasih banyak!

Pokoknya satu kata untuk idemu yang satu ini..

“C-INTA”

teruntukmu, bapakku ridwan kamil (walikota bandung 2013 – habis)

dari rakyatmu, #penjilatbuku (rakyat bandung 2008 – skg)

-salam jilat-

selamat weekend!

oya! satu lagi ada moment yang dapet banget feel-nya menurut saya dan foto ini akan saya simpen-sesimpen-simpennya karena saya suka!

10429361_10202020249487745_2960440823586353987_n

(foto ini bener-bener tanpa adanya permainan diantara kita bertiga loh.suer!)