permainan gembira.

“hello gais”, sapa salah satu komedian yg sedang melejit di dunia youtube.

akhirnya kembali juga nyoretin nih dinding. malem ini, saya akan berpetualang cerita tentang permainan gembira. sebelum masuk kedalam cerita, awali dulu apa maksud dari permainan gembira. saya pilah dulu deh arti per katanya.

permainan. kalau kalian cari arti makna “main” di dalam kamus besar bahasa indonesia, maka akan dapet arti main adalah pertama, melakukan permainan untuk menyenangkan hati | kedua, melakukan perbuatan untuk bersenang-senang. dari kedua makna tersebut selalu ada kata “menyenangkan”.

gembira. nah kalau arti gembira jika kita cari di kamus besar. maka akan keluar makna senang. bahagia. senang. jelas! makna gembira pasti yang menyenangkan.

nah berarti jika perpaduan kedua kata ini digabungkan maka akan berrarti suatu hal yang bila dikerjakan akan berdampak menyenangkan. bagaimana? iya kan? setuju sampai disini? lanjut!

nah, kali ini saya akan cerita “permainan gembira” yang tidak menggembirakan bagi kebanyakan orang. permainan gembira-nya malah akan selalu dihindari oleh kebanyakan orang lain.

permainan gembira yang saya maksud adalah desirable difficult. apa itu? desirable difficult adalah hasrat untuk melakukan sesuatu yang sulit namun mengasyikkan. (kata mas @renecc)

pernah gak sih kalian nemu sama orang yang ngelakuin sesuatu dengan semangat, pokoknya pantang menyerah deh (tapi jelas-jelas kalau dapet uangnya tuh gak seberapa banyak sama usaha yg udah dilakuinnya). kenapa saya uang bandinginnya? ya! karna untuk khalayak ramai, ini kan patokannya mau ngerjain itu profesi apa enggak.

pernah gak sih nemu sama orang yang jelas-jelas besok tuh dia bangkrut, tapi besoknya setelah dia bangkrut. dia masih tetep bergelut di profesi yang sama. dan dia tetep tersenyum dan tetep asyik. pernah gak?

kalau pernah, bersyukurlah! karna mungkin Tuhan sedang ngasih contoh hidup yang seharusnya tuh seperti itu ke kamu. mungkin.

inilah yang saya duga, mereka telah memiliki desirable difficult. jarang orang-orang yang memiliki daya juang seperti mereka. mereka jumlahnya bisa dihitung dengan jari.

bukan uang, tujuannya. bukan pujian, tujuannya. hanya nikmatnya hati yang menjadi bensinnya. nikmat hati?

ya! nikmat hati inilah yang menjadi bensinnya setiap detik. nikmat hati inilah yang selalu menjadi pe. tak semua orang udh dapet yang namanya nikmat hati.

susah dapetinnya. usahanya kagak cuma sekali dua kali doang.

kalau kamu nemu orang yang udah punya mental desirable difficult. coba deh perhatikan. mereka tak pernah menampakkan sakitnya di depanmu. mereka selalu dan terlalu bersemangat dengan kegiatannya itu. kayak gak ada lelahnya. semalem suntuk mungkin bisa deh tuh orang enggak tidur. dan kalau dia masih amatir pasti uang yg didapet belum seberapa tuh, tapi tetep tak mengurangi kekuatan langkahnya. beda aja.

akhir kata,

permainan gembira adalah kesulitan yang asyik untuk dijalani. bukan uang sebagai titik ceritanya. bukan senyuman orang yang menjadi bensin motornya. ada sesuatu yang lebih dari itu semua. kenikmatan hati-lah,jawabnya.

selamat malam, penikmat malam!

selamat malam, penikmat detik!

selamat malam, penikmat senyumanmu!

19

 

Advertisements